Usaha Tenda Dan Tas Terpal Makin Berpeluang


Peluang Usaha Tenda Dan Tas Terpal memiliki prospek yang menjanjikan, seiring bergeliatnya produk - produk yang dibuat dari bahan terpal menunjukan bahwa aneka produk ini makin di butuhkan masyarakat. Indikator ini terlihat jelas, karena aneka produk ini yang banyak di jual pusat grosir seperti Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, dan Pasar Asemka, Jakarta Barat ini selalu laris manis di kunjungi pembeli. Ada yang di jual secara grosiran dan ada juga yang di jual eceran oleh pedagang – pedagang kaki lima.
Diantara produk tersebut, tenda terpal yang paling banyak dibeli konsumen. Hal ini lantaran makin banyaknya masyarakat yang terjun diusaha makanan kaki lima yang membutuhkan peneduhan, seperti tenda. Selain tenda, produk lain yang banyak di pilih konsumen adalah aneka tas belanja utuk digunakan pelaku usaha mengirim barang pesanan ke pelanggan. Produk tas terpal ini paling banyak diminati pengusaha konveksi, karena tas berbahan terpal bisa menampung beban yang banyak hingga 80 kg.

Meskipun saat ini banyak serbuan produk sejenis datang dari China, namun yang membuat produk lokal lebih banyak dipilih karena lebih kuat dan tahan lama. Produk China hanya secara model lebih menarik, tapi sangat rentan robek.
Produk lokal lebih kuat dibandingkan produk impor karena proses menjahit dilakukan 2 - 3 kali dengan menggunakan benang Spun Polyester dan benang Sintesis No.8 yang merupakan benang yang di khususkan untuk menjahit produk-produk berbahan terpal.

Segmentasi Pasar
Peluang Usaha Tenda Dan Tas Terpal ini segmentasi pasarnya sangat luas, mulai dari retail sampai perusahaan - perusahaan. Khusus untuk tas, ada yang digunakan untuk tas belanja, ada yang digunakan sebagai tas perjalanan atau tas cargo, hingga tas yang di pakai untuk mengirim produk ke konsumen. Khusus untuk tas belanja ini banyak di beli di toko-toko konveksi yang biasanya di gunakan untuk membungkus pesanan baju konsumen.

Selain tas, produk berbahan terpal yang paling banyak peminatnya adalah terpal tenda. Menggeliatnya usaha kuliner berbentuk kaki lima membawa dampak positif pada usaha ini. Dengan kondisi ekonomi sulit seperi ini membuat   makin banyak orang yang buka usaha kuliner kaki lima, dan mereka pasti membutuhkan tenda untuk usaha. Selain usaha tenda kaki lima, yang banyak di pesan adalah tenda untuk keperluan bazar, pameran hingga pernikahan dengan konsep outdoor party.

Produk Laku
Ada dua Faktor yang harus di perhatikan agar produk yang dibuat laku di pasaran. Yakni, pertama, membuat produk yang bagus dan inovatif. Karena itu,  pengusaha harus membuat produk dengan bahan baku terpilih. Misalnya, untuk  membuat tenda terpal akan lebih baik menggunakan terpal plastik ukuran 270 gram sedangkan untuk membuat tas dianjurkan menggunakan terpal kanvas ukuran 500 gram. Jangan membuat dua produk itu dengan ukuran terpal yang sembarangan, karena nanti hasil produknya kurang bagus dan cepat robek.

Kedua, tentukan harga yang sesuai dengan kualitas produk. Jangan menjual produk yang harganya lebih mahal dari harga pasar. Jika ini terjadi, konsumen akan lari dan tidak membeli produk tersebut. Karena itu, sangat di anjurkan agar pelaku usaha menyurvei harga pasar.

Potensi Untung
Dari dua tempat yaitu (Pasar Tanah Abang dan Pasar Asemka) yang menjadi basisnya aneka produk berbahan terpal, menunjukkan bahwa bahan tenda yang paling laku. Paling banyak konsumen yang membeli ini karena mau usaha.

Satu hal penting yang harus Anda persiapkan bila Anda akan terjun di usaha ini adalah kemampuan menjahit. Agar memiliki keterampilan ini, Anda bisa mengikuti kursus yang lamanya 3 bulan dengan biaya sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta. Namun kalau toh Anda tidak bisa menjahit jangan khawatir, karena Anda tinggal mencari penjahit yang berpengalaman, dan Anda tinggal mengarahkan.

Yang paling penting selain menjajakan produk melalui toko atau di pinggir jalan, dalam memasarkan produk ini sebaiknya Anda juga menyasar pasar, perusahaan atau korporasi, misalnya perusahaan rokok, minuman, dan consumer goods lainnya, yang memang terus membutuhkan tenda payung  yang memang terus membutuhkan tenda payung untuk promosinya, atau menawarkan ke perusahaan kurir, kuliner, dan lain - lainnya untuk menawarkan tas hantaran.

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai Peluang Usaha Tenda Dan Tas Terpal. Nah, saatnya Anda memulai usaha-usaha yang selama ini belum banyak di lirik peluangnya ini. Salam sukses selalu!!

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Pembuatan Aksesoris - Aksesoris dari Batu Alam dan Sisik Ikan Makin Digandrungi